Jumat, 28 Desember 2012

10 tips Online yang baik

assalamualaikum WR.WB

Apa Kabar SObat Blogger And Facebooker


kali Ini Ane Mau Ngasih Tips N  Trick Online Yang Aman

Bekasi Cyber4rt POsting By Newbie
Dunia Maya :D




Jika ente bagian dari Generasi Online, maka kehidupan Ente sehari-hari adalah seputar Twitter, Facebook, googling, dan sejenisnya. Terus terkoneksi ke jejaring sosial atau bisa sebut ente smua DUMAY Alias dunia maya membuat potensi ancaman keamanan internet juga makin tinggi. Sebuah studi menyatakan  bahwa hanya 31% saja generasi Ente yang cukup sadar akan isu keamanan di komputer. Prioritas generasi ini adalah entertainmen dan bergaul, bukan masalah keamanan. Siapakah generasi sekarang? Ini adalah yang lahir di awal tahun 1980-an hingga 1995.
Berikut ada 10 tips bagi generasi Anak Anak Tukang ONLine Di Zaman Sekarang agar dapat bersosialisasi aman di dunia maya:
1. Kembali ke dasar
Ini tips yang terdengar simpel, yakni update sistem operasi komputer dan pasang software antivirus. Tidak sulit memang, namun sering malas dilakukan para generasi sekarang, sebab terlalu asik bergaul.
2. Jangan keasikan klik
Karena terlalu ingin ikut tren, generasi Sekarang  sering tergoda asal klik link yang masuk ke inbox mereka. Padahal lebih dari 9500 situs berbahaya terdeteksi olehh Google setiap harinya. Jika asal klik, kemungkinan bisa menyasar ke situs ini.
3. Perhatikan pada perubahan terkecil
Sedikit saja perubahan terjadi pada aturan social media, maka akan berefek besar. Misalnya Facebook bisa mengubah alamat emailmu menjadi @facebook.com, dan kamu tidak menyadarinya. Padahal dengan begitu bisa mengundang spammer. Coba perhatikan detil kecil seperti itu dan aturlah setting privasi.
4. Masalah password
Banyak generasi sekarang yang meremehkan password. Mereka membuat password dari nama belakang, nama orang tua, alamat rumah, tanggal lahir, dan seterusnya. Padahal itu sangat mudah ditebak. Buatlah password yang terdiri dari minimal 8 karakter, dan kombinasi dari angka dan huruf.
5. Software keamanan wajib!
Khususnya buat pecandu games yang jumlahnya banyak sekali di generasi ente, wajib memasang software keamanan. Sebab games pun berisiko terkena virus, dan pastinya kamu tidak mau komputer terkena virus dan tak bisa main games lagi, bukan?
6. Hindari software bajakan
Solusi teraman adalah jangan pernah pakai situs P2P untuk mengunduh software bajalan. Ini sangat berisiko, kecuali kamu membaca lebih dulu peringatan yang tertera di situ situ. Namun tetap saja berisiko, dan bersiaplah mendapatkan risikonya.
7. Waspada dengan serangan di social media
Para kriminal cyber mengincar situs social media sebagai target serangan, sebab tahu itu adalah situs yang sedang diminati banyak user. Maka jagalah privasimu di social media, jangan mengumbar data dan foto pribadi, sebab sangat mudah dimanfaatkan.
8. Hati-hati memilih teman
Mudah sekali generasi sekarang berteman, dan selalu mudah percaya. Maka tak heran banyak yang jadi korban penipuan. Jangan mudah percaya dengan orang yang bukan dari lingkaran pertemananmu, kecuali ia dapat membuktikan bahwa ia bukan penipu. Banyak predator dunia maya yang mengincar generasi sekarang , sebab mereka kadang terlalu euphoria bergaul di internet.
9. Hati-hati mengunduh video
Generasi sekarang  adalah kelompok usia yang paling sering menonton video online dan mengunduhnya. Berhati-hatilah pada virus yang bisa saja terkandung di dalam video itu. Unduhlah video hanya dari sumber yang terpercaya.
10. Waspada saat di area Wi-Fi
Area yang ber-Wi-Fi, apalagi gratis, adalah area yang paling disukai generasi ente. Tapi jangan lupa dengan setting-an keamanan di laptop atau tablet PC-mu. Sebelum terkoneksi, pastikan bahwa sumber Wi-Fi itu cukup aman. Pakailah Virtual Private Network. Sebab ada saja cybercriminal yang sengaja memasang jebakan dengan membuka akses Wi-Fi gratis, padahal mereka sedang mencari mangsa. 



Ya Mungkin itu Aja Yang Ane Bisa kasih Heheh :D
Jangan Lupa Follownya... :D

0 komentar:

Posting Komentar